Netflix Di Sensor dan kemungkinan diblokir di Indonesia

Netflix Di Sensor dan kemungkinan diblokir di Indonesia
Berita baru tentanglayanan Netflix di Indonesia yang sudah mulai dapat diakses ini. Netflix kelihatannya terancam diblokir oleh Kominfo. Ini (pemblokiran Netflix) dilaksanakan apabila tak mau penuhi ketentuan yang diajukan LSF.
Lembaga Sensor Film (LSF) di bawah kepemimpinan Ahmad Yani Basuki. Usai dilantik, bersama-sama 16 anggota lain LSF rapatkan barisan untuk mengulas kehadiran layanan itu. Menurut LSF selesai menyaksikan sebagian daftar film yang berada di Netflix, ada beberapa film yang tidak dapat muncul di Indonesia, meskipun lewat media streaming sekali pun. Padahal lulus sensor merupakan satu diantara ketentuan film dapat dinikmati pemirsa Indonesia.
” Ada yang sempat kami tolak sensornya waktu mau tampil di bioskop, ” kata Ahmad Yani di Gedung Film, MT. Haryono, Jakarta Selatan.
Seperti saya catat terlebih dulu, film atau serial televisi yang disajikan Netflix memang tidak lewat proses sensor oleh LSF. Ahmad
Ahmad Yani menerangkan, bahwa dalam Undang-undang nomor 33 tahun 2009 mengenai Perfilman dijelaskan, kalau setiap film yang akan disaksikan oleh khalayak mesti mempunyai surat tanda sensor dari LSF.
Netflix yang disebut perusahaan teknologi asal Amerika Serikat itu belum juga sempat memajukan permintaan sensor untuk film-film yang juga akan disaksikan oleh orang-orang Indonesia. Hingga sekarang ini belumlah ada berita kapan Netflix akan memajukan permintaan.
” Berkaitan isi konten, kembali kita ingatkan kalau Undang-Undang mengenai perfilman sudah ditata serta ditegaskan. Tiap-tiap film serta iklan film yang juga akan diedarkan harus dapatkan tanda lulus sensor, diterbitkan LSF setelah penilitian pada film serta iklan film itu, ” tuturnya.
” Tanpa ada penuhi ketetapan itu, kami juga akan mereferensikan Kementerian Komunikasi serta Informatika untuk memblokir layanan itu, ” ujarnya.
Kita tunggu saja, apakah layanan Netflix akan sungguh-sungguh diblokir oleh Kominfo lantaran tidak mau ikuti ketentuan, atau Netflix bersedia ikuti ketentuan LSF dengan mengorbankan sebagian kontennya untuk diacak-acak.